Tunjangan Guru SLB

Mulai tahun ini, Pemprov Kalteng memberikan tunjangan insentif khusus bagi guru sekolah luar biasa (SLB), baik berstatus pegawai negeri sipil (PNS) maupun tenaga honorer. 
 
Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Guntur Talajan mengatakan, Pemerintah Provinsi Kalteng melalui Dinas Pendidikan akan membantu para guru SLB dengan tunjangan insentif mulai tahun 2011.
Baik guru yang masih berstatus honorer maupun PNS, sebut Guntur, akan menerima tunjangan sebesar Rp1.200.000, setahun sekali. Dana tunjangan berasal dari APBD Kalteng, dan jika memungkinkan tahun depan jumlahnya akan ditambah.
"Mereka harus mendapat perhatian lebih dari para guru yang mengajar di sekolah umum, karena tidak mudah mendidik murid di SLB," ujar Guntur saat menghadiri peringatan
HUT ke-21 SLBN-1 Palangka Raya, sekaligus meresmikan TKLB, di Palangka Raya, baru-baru ini.
Ditegaskannya, pemberian insentif ini sebagai bentuk perhatian pemerintah atas pengabdian dan beratnya tugas guru SLB. Mengajar di sekolah ini membutuhkan kesabaran.
“Mereka sangat mulia melayani anak-anak kebutuhan khusus. Dana tersebut diharapkan dapat lebih menyejahterakan guru yang mengajar di SLB," ucap Guntur.
Dengan pemberian insentif, lanjut Guntur, para pengajar di SLB juga diharapkan dapat lebih meningkatkan kesabaran dalam menghadapi siswa yang memang membutuhkan perhatian khusus menanganinya.
"Saya acungkan jempol pada guru SLB, karena tidak mudah mendidik anak-anak berkebutuhan khusus ini," katanya lagi.
Kepala SLBN 1 Palangka Raya Lilis Lismaya menyatakan sangat apresiasi terhadap perhatian pemerintah, baik pusat maupun provinsi karena memberikan insentif yang begitu bermanfaat bagi guru-guru SLB.
Menurut Lilis, wajar jika guru SLB mendapat tunjangan khusus, karena bertugas secara khusus dengan tidak mengurangi keikhlasan dalam mengabdikan diri untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara.
"Saya sebagai kepala sekolah mengucapkan banyak terima kasih atas kreativitas dan kerja sama teman-teman guru yang tetap tekun mendidik murid secara ikhlas, dengan penuh kasih sayang tanpa mengeluh," katanya. Sumber (Harian Tabengan)